Profil Puskesmas Kemiling Raya

 PROFIL PUSKESMAS KEMILING RAYA KOTA BANDAR LAMPUNG 




Profil Puskesmas Kemiling Raya     PROFIL PUSKESMAS KEMILING RAYA KOTA BANDAR LAMPUNG 

M



Puskesmas Kemiling merupakan salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kecamatan Kemiling yang menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif bersama dengan pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, maupun sektor-sektor lain yang berkaitan untuk melaksanakan kebijakan kesehatan dan mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Rawat inap Kemiling, yaitu Kelurahan Sumberrejo, Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kelurahan kemiling Permai, dan Kelurahan Kemiling Raya.

Kemajuan teknologi yang ada saat ini merupakan peluang besar bagi kami untuk mengoptimalkan pelayanan kami diantaranya melalui pengembangan website ini. Melalui website ini diharapkan penyampaian informasi kesehatan maupun layanan akan lebih optimal. 


UPT Puskesmas Rawat Inap Kemiling berdiri sejak tahun 1958 bertempat di Kelurahan Sumberejo Kemiling Kec. Tanjungkarang Barat dengan nama Balai Pengobatan (BP) Kemiling dan belum menetap karena masih menumpang dirumah warga. Pada tahun 1965 telah memiliki gedung sendiri yang sederhana dan tanahnya merupakan wakaf dari Yayasan Budi Suci *) dengan nama Balai Pengobatan (BP) Kemiling, adapun program yang dilaksanakan baru Balai Pengobatan dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). )Sumber Ny Hj.Fatimah tokoh masyarakat Kemiling (Tidak ada Dokumen)

Kemudian pada tahun 1984 statusnya dari Balai Pengobatan berubah menjadi Puskesmas Pembantu (Pustu) Kemiling dipimpin oleh seorang Perawat (Ny.Renny Ginting) yang menginduk pada Puskesmas Rawat Jalan Gedung Air Kecamatan Tanjung Karang Barat.

Pada tahun 1986 Pemerintah Kotamadya Dati II Bandar Lampung mengadakan rehab gedung total yang kemudian dibangun gedung baru, satu unit gedung Puskesmas,satu unit perumahan dokter dan satu unit perumahan paramedis, kemudian berubah statusnya menjadi Puskesmas Induk Kemiling yang dikepalai oleh seorang dokter umum (dr.Firhat Esfandiari).

Pada tahun 1998 Pemerintah Kotamadya Dati II Bandar Lampung berubah nama menjadi Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Pada tahun 2002 Pemerintah Kota Bandar Lampung mengadakan pemekaran wilayah Kecamatan Tanjungkarang Barat menjadi 2 Kecamatan yaitu ;

1. Kecamatan Tanjungkarang Barat

2. Kecamatan Kemiling

Puskesmas Kemiling berada di wilayah Kecamatan Kemiling dengan memiliki wilayah kerja 3 Kelurahan yaitu;

1. Kelurahan Sumber Rejo

2. Kelurahan Langkapura

3. Kelurahan Kemiling Permai.

Kemudian berdasarkan Perda No.04 tahun 2012 pada bulan September 2012 Pemerintah Kota Bandar Lampung mengadakan pemekaran wilayah lagi, Kecamatan Kemiling menjadi dua Kecamatan yaitu;

1. Kecamatan Kemiling

2. Kecamatan Langkapura

Puskesmas Kemiling berada di Kecamatan Kemiling dengan wilayah kerja 4 kelurahan yaitu

1. Kelurahan Sumber Rejo

2. Kelurahan Sumberrejo Sejahtera

3. Kelurahan Kemiling Permai

4. Kelurahan Kemiling Raya

Kemudian

berdasarkan

Keputusan Walikota Bandar

Lampung Nomor:

209/IV.41/HK/2012 tanggal 27 Februari 2012 Puskesmas Kemiling yang sebelumnya puskesmas Rawat Jalan statusnya berubah menjadi Puskesmas Rawat Inap dengan nama UPT Puskesmas Rawat Inap Kemiling.

Adapun yang pernah menjabat sebagai Pimpinan Puskesmas Kemiling dari tahun 1958 s/d sekarang adalah:

1. Bp.Karyadi,Bp.Suparji,Bp.Sumardi, Bp.Kandar,Bp.Komari,Bp.Fatullah

Amir, Bp.Suratman s/d tahun 1984. *) Sumber Ny Hj.Fatimah tokoh masyarakat Kemiling.

2. Renny Ginting dari Tahun 1984 s/d 1986

3. dr.Firhat Esfandiari dari Tahun 1986 s/d.tahun 1988

4. dr.H.M.Harun Akib dari Tahun 1988 s/d 1995

5. dr.Gomal Marpaung dari Tahun 1995 s/d 1996

6. dr.Endang Sri Handayani dari Tahun 1996 s/d 1997

7. drg.Lis Yunita Pohan dari Tahun 1997 s/d 1998

8. drg.Rekso dari Tahun 1998 s/d Agustus 2006

9. dr.Endang Rosanti M.Kes. dari Agustus 2006 s/d Juni 2019

10. dr Hany Musliha dari Juni 2019 s/d sekarang

Puskesmas Rawat Inap Kemiling didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 tahun 2003 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung.

Struktur Organisasi Puskesmas Rawat Inap Kemiling Kota Bandar Lampung ditetapkan dengan Surat Keputusan Walikota Bandar Lampung Nomor : 76 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senyum Sehat Untuk Masa Depan yang Cerah : Kesehatan Gigi dan Pembangunan Kesehatan

"kesehatan gigi : Mendukung Pembangunan Nasional melalui senyum sehat"